Tanda-tanda perlakuan yang saya terima dalam kehidupan sehari-hari (konsep semiotika Ferdinand De Sauserre)


  Ini adalah sebuah foto yang saya ambil dari kamera hp saya di bulan Desember tahun lalu. Disini sebagai tanda yang saya terima dalam kehidupan sehari-hari salah satu contohnya adalah berkumpulnya keluarga besar pada saat hari raya natal di rumah nenek saya, dikarenakan nenek saya adalah seorang non-muslim. Saya pribadi adalah seorang muslim dan fakta mentalnya di gambar tersebut terlihat beberapa saudara saya seperti tante, dan sepupu saya juga adalah seorang muslim tetapi tetap berkumpul bersama pada hari raya umat Kristiani atau yang biasa kita ketahui atau sebut dengan Natal. Di gambar, juga terlihat adanya patung salib dan pohon natal karena nenek saya seorang non-muslim dan sedang merayakan hari raynya dengan kumpul keluarga dan makan-makan.

  Disini muncul adanya realitas eksternal atau makna mental yang menurut saya pribadi adalah adanya sikap toleransi yang besar tertera pada gambar dan saling menghormati antar umat beragama. Pada foto menampilkan beberapa tante dan sepupu saya yang kebetulan adalah orang yang memeluk agama muslim dan memakai jilbab namun masih akrab dan saling ngobrol dan makan pada hari raya yang dirayakan oleh umat Kristiani. Karena sejatinya kita hanyalah manusia yang diciptakan oleh sang pencipta dan adanya ikatan darah ataupun jika mungkin tidak adanya ikatan darah, kita sebagai manusia harus saling menyayangi dan menghormati satu sama lain.

  Berikut adalah salah satu contoh tanda-tanda perlakuan yang saya terima dalam kehidupan sehari-hari. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kira-kira kajian seperti apa yang bisa dilakukan selain menggunakan semiotika?

Objek Kajian dan Analisis Semiotik (Opening Theme dari Anime Attack On Titan final season part 2)

Kajian Literature